Panduan buat memilah suatu katup Solenoid

Solenoid katup yang digunakan buat mengendalikan aliran cairan ataupun gas hawa didukung perlengkapan motors, serta sistem. Gunanya bagaikan fitur elektromekanis mengawali arus buat melaksanakan lewat kumparan dalam katup. Aliran arus menimbulkan pembuatan suatu Medan magnet yang bawa tentang perpindahan dari aktuator logam. Dalam memilah suatu katup solenoid, sangat berarti buat terencana durasi reaksi dan durasi katup energized.

Valve( part 1)

Tidak terasa telah 3 bulan ini begitu banyak waktu kuhabiskan dikeriuhan yang hening dalam area“ under construction”. Terngiang dengan jelas statement seseorang senior se- almamater di milis alumni:“ Dengan menulis kita hendak bawa EPOS( Tenaga Positif), serta yang sangat berarti, menulis bisa bawa kebahagian.. gimana bisa jadi???? sebab dengan menulis…kita berikan kesesama kita…sembawa senyum, kebahagiaan serta kepuasan spiritual…”

Mangstab…malam ini, dari tepian Kali Malang, Cikarang, Bekasi, kugerakkan tangan ini buat mengawali menuangankan catatan setiap hari ku– Catatan seseorang Engineer Jual Flowmeter

Hari Ke- 1

Begitu banyak sebutan di dunia engineering, salah satu sebutan yang sangat kerap kerap kita dengar merupakan valve.

Valve, ataupun yang apabila kita terjemahkan leluasa kedalam bahasa Indonesia, bisa dimaksud bagaikan katup ataupun pembatas. Cocok makna katanya, valve memiliki tugas utama ialah buat menghalangi ataupun mengendalikan kemudian lintas fluida dalam sesuatu saluran ataupun pipa.

Terdapat sebagian pembagian kelompok buat valve, antara lain merupakan:

1. Bersumber pada metode kerjanya buat menghalangi,

2. Bersumber pada khasiat/ pemanfaatannya,

3. Bersumber pada penggeraknya,

4. Bersumber pada standar pembuatannya,

5. Bersumber pada kelas kerjanya,

6. Bersumber pada materialnya, dll

Bersumber pada metode kerjanya, valve bisa kita kelompokkan jadi:

a. Gate Valve( Katup jenis pintu)

Valve jenis ini merupakan salah satu tipe valve yang sangat banyak kita jumpai. Metode kerjanya sangat simpel, ialah menghalangi aliran fluida dengan metode membuka ataupun menutup pintu utama keatas serta kebawah. Metode yang sama semacam yang diadopsi buat menghalangi aliran pada kanal ataupun irigasi di sawah.

b. Butterfly Valve( Katup jenis kupu- kupu)

Cocok dengan namanya, valve jenis ini metode kerjanya merupakan dengan memutar piringan( disk) pada sumbu utamanya buat membuka ataupun menutup jalur fluida. Gerakan memutar ini mirip dengan gerakan mengepak pada kupu- kupu, sehingga dinamakan butterfly valve, ataupun katup jenis kupu- kupu.

c. Ball Valve( katup jenis bola)

Buat valve tipe ini, tata cara buka- tutup jalan memakai bola( disk pada butterfly valve) berlubang ditengahnya. Bila posisi bola terdapat dijalur, valve dalam keadaan tertutup, serta kebalikannya, bila posisi lubang ditengah bola yang terdapat di jalan, valve dalam posisi terbuka.

Terdapat 2 jenis Ball Valve, awal, dimensi lubang di bolanya terdapat yang full( penuh) dengan dimensi diameter rumahnya( koneksinya), yang setelah itu diucap Full Bore,

serta terdapat pula yang dimensi lubangnya yang lebih kecil dari dimensi diameter rumahnya( koneksinya), yang diketahui dengan nama Reduced Bore.

d. Globe Valve

Valve yang satu ini menghasilkan jalan spesial dalam rumah valve, dimana aliran fluida masuk, kebawah, naik keatas serta keluar.

Pada posisi fluida dari dasar keatas inilah tata cara buka- tutup jalan dilaksanakan, dengan dorongan sumbatan yang bergerak turun- naik.

Dengan tata cara ini, aliran fluida tidak bergejolak sangat besar, sehingga tidak memunculkan turbulensi.

Quote:

# Faiz:“ Lah, kira- kira valve tipe apa yang sangat buanyak digunakan bi???”

# Abi Faiz:“ Bergantung, kak…tergantung peruntukannnya…tapi kira- kira semacam ini…

Dari sebagian tata cara buka- tutup jalan ini, ada nilai lebih serta kekurangan pada tiap- tiap jenis, ialah antara lain:

* Butterfly valve merupakan valve yang secara konstruksi sangat simpel. Oleh sebab itu, dari segi bayaran pembuatan pula yang sangat murah. Dilain sisi, sebab konstruksi yang sangat simpel, valve jenis ini pula kekuatan tahan alirannya pula yang sangat rendah.

* Ball valve merupakan tipe valve yang memiliki reaksi waktu buka- tutup sangat pendek, oleh sebab itu sangat cocok buat pemakaian yang memerlukan reaksi kilat, misalnya buat fluida hawa/ gas.

Baca Juga : 5 Aspek Paling Penting dari Game Anda

* Globe valve, dengan konstruksinya yang kuat, memiliki kekuatan tahan yang sangat baik. Tetapi, sebab konstruksinya yang kuat itu pula, pembuatannya jadi lebih susah sehingga memerlukan bayaran yang lebih besar.

* Buat tingkat pembukaan valve yang sangat lebar, Gate valve merupakan opsi yang cocok. Tidak hanya itu, metode kerjanya yang simpel pula menimbulkan bayaran produksinya tidak sangat mahal, sehingga menempatkan valve tipe ini bagaikan valve yang sangat banyak digunakan.

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.